Friday, August 8, 2008

Metode Perawatan Kulit

1. CHEMICAL PEELING

Chemical peeling merupakan suatu tindakan untuk pengelupasan kulit dengan menggunakan satu atau lebih bahan eksfoliasi pada kulit yang menyebabkan kerusakan pada epidermis dan dermis yang diikuti dengan regenerasi timbulnya epidermis dan dermis yang baru.

Indikasi pemakaian pengelupasan kimiawi antara lain untuk peremajaan kulit, kelainan pigmen, akne, skar bekas akne, beberapa jenis tumor kulit, gangguan keratinisasi. Bahan yang digunakan berasal dari bahan yang menyebabkan inflamasi, eksfoliasi dan kerusakan kulit yang terkontrol.



2.PHOTO REJUVENATION

Sesuai dengan namanya photorejuvenation digunakan untuk menyegarkan dan meremajakan kembali kulit wajah yang kusam. Kulit dapat menjadi kasar dan kusam karena pengaruh umur, lingkungan dan cuaca.

Photo rejuvenation dilakukan dengan menggunakan sinar, bisa dengan sinar laser atau Intense Pulse Light(IPL) yang merupakan penyinaran antiinvasive estetik yang tanpa menyebabkan luka. Setelah wajah dibersihkan photo rejuvenation dilakukan selama 20-30 menit.

Photo rejuvenation berguna untuk melancarkan aliran darah ke kulit wajah. Terapi sinarnya mampu merangsang pertumbuhan kolagen baru, sehingga struktur kulit lebih kencang dan mengecilkan pori-pori, selain itu dapat menyamarkan pigmen. Pada umumnya perawatan ini tidak memiliki efek samping. Untuk hasil yang maksimal, dapat dilakukan secara rutin setiap 2-4 minggu.



3.MICRODERMABRASI

Perawatan ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, flek dan pigmen dipermukaan kulit yang membuat wajah tampak kusam dan warnanya tidak merata. Microdermabrasi juga bisa menstimulasi kolagen sehingga bisa memperbaiki pori-pori dan menyamarkanya, meski efeknya tak sedalam laser. Selain itu bisa juga menghilangkan bekas jerawat yang tidak terlalu dalam.

Perawatan ini dilakukan dengan cara mengikis lapisan kulit wajah bagian atas secara lembut. Mikrodermabrasi ada dua jenis ada yang menggunakan kristal maupun diamond. Kristal yang digunakan harus halus, steril, dan tidak menimbulkan penyakit saat mengenai kulit, sedangkan diamond memiliki permukaan yang tajam dan bisa digunakan untuk memotong, permukaan dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mengikis secara baik dan halus.

Setelah tindakan mikrodermabarasi bisa dilanjutkan dengan pemberian masker ataupun pemberian bahan-bahan nutrisi untuk kulit seperti vitamin C ataupun kolagen. akan lebih baik hasilnya bila pemasukan bahan tersebut menggunakan metode iontoforesis.

Iontoforesis merupakan cara untuk memasukkan bahan nutrisi tersebut dengan alat khusus sehingga bahan tersebut akan lebih baik diserap oleh lapisan kulit yang lebih dalam.

Tindakan ini tergolong ringan karena hanya dilakukan selama kurang lebih 15-20 menit. Tindakan ini perlu diulang paling tidak setiap 2 minggu sekali.



4.FACELIFTING menggunakan RADIOFREKUENSI

Saat ini juga berkembang cara perawatan dengan menggunakan radiofrekuensi. Perawatan ini berguna untuk mengangkat kulit wajah yang sudah kendur, sehingga menjadi kencang kembali. Dengan cara ini kolagen menjadi lebih padat, sehingga bisa mengurangi kekenduran kulit. Perawatan menggunakan Radiofrekuensi dilakukan dengan gelombang yang kadar panasnya bisa disesuaikan.

Cara di atas aman asalkan disesuaikan dengan kondisi kulit, sehingga untuk melakukan tindakan di atas sebaiknya dilakukan konseling dulu, mengenai riwayat penyakit yang pernah diaalami sehingga dapat dipilih tindakan mana yang tepat untuk dilakukan sesuai dengan kondisi kulit dan permasalahannya. Kontra indikasi tindakan perawatan seperti diatas antara lain riwayat radiasi, operasi kosmetik, riwayat herpes zoster, riwayat keloid dan skar hipertrofi, hamil, penggunaan isotretinoin.

Perbedaan dengan facial tradisional yang sering dilakukan adalah pada facial tradisional pembersihan hanya sampai pada lapisan kulit yang paling atas sehingga tidak ada efek terapetik untuk membantu menghilangkan gangguan pada kulit.

Pada beberapa tindakan perawatan di atas selain dapat merangsang kolagen yang akan menyebabkan kulit menjadi muda dan cerah juga dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kosmetik pada kulit seperti noda-noda, dan skar yang ringan maupun jerawat. Tindakan di atas sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan dokter, sehingga bila terjadi efek samping yang terjadi dapat segera diatasi

Sesuai namanya tindakan perawatan di atas berguna untuk rejuvenation atau peremajaan kulit maka tindakan tersebut tepat untuk perawatan anti aging atau anti penuaan yang sedang digencarkan saat ini.
Your Ad Here

Recomended Nursing Care Plans Books